Pemulihan Teluk Butuh Waktu 4 Tahun

Teluk Balikpapan yang tercemar tumpahan minyak (ANTARA FOTO/Sheravim)

epicentrum.id – Pemulihan Teluk Balikpapan setelah tercemar oleh tumpahan minyak dari pipa pertamina yang bocor akan dilakukan dalam kurun empat tahun. Selain Pertamina, pemulihan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan. “Pemulihan lingkungan dilakukan dalam bentuk pe-rencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap tahapan akan dibahas bersama dalam tim,” kata Kepala Dinas Lingkung-an Hidup Balikpapan Sur-yanto, kemarin.

Proses pemulihan lingkungan diperkirakan membutuhkan waktu cukup panjang. Selain Balikpapan, kejadian itu mencemari lingkungan laut di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara. Selain pemulihan lingkungan, lanjut Suryanto, tim akan memberikan jalan keluar bagi kerugian para nelayan, baik di Balikpapan maupun di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pegiat lingkungan Ira Mentayani menyatakan kegiatan pembangunan berupa pembenahan daerah aliran sungai hendaknya menyesuaikan karakteristik budaya asli suatu daerah. Upaya penyelamatan dan mempertahankan identitas Kota Seribu Sungai oleh Pemerintah Kota Banjarmasin harus memperhatikan budaya asli suku Banjar.

“Kota Banjarmasin sampai saat ini masih mencari jati diri sebagai Kota Seribu Sungai. Melihat pola pengembangan sungai di Banjarmasin, se-pertinya ingin meniru negara lain dalam mendesain sungai,” tuturnya. [frans]

 

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *