Elektabiltas Partai Pendukung Jokowi Terus Turun

Epicentrum.id – Presiden Joko Widodo disarankan untuk turun tangan membantu elektabilitas partai-partai pendukungnya yang terus merosot. Jika dibiarkan maka diyakini akan menyulitkan Jokowi pada pilpres 2019. Hal itu didasarkan pada Hasil survei Roda Tiga Konsultan (RTK) pada April 2018. Disebutkan RTK bahwa elektabilitas Partai Golkar, PKB, PPP dan Nasdem terus turun. Hanya elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) yang terus naik.

“Ini harus menjadi perhatian Pak Jokowi juga. Pak Jokowi harus turun membantu menaikkan elektabilitas partai pendukungnya,” kata Direktur Eksekutif Poskapol Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana di Jakarta Selatan, Kamis (10/5).

Hasil survei RTK menunjukan elektabilitas Golkar turun dari 10,8% (September 2017) menjadi 8,8%. Sedangkan PKB, turun tipis dari 6,5% ke 6,2%. Dan elektabilitas Nasdem semula 2,3% menjadi 1,5%. Survei RTK dilakukan pada 21 April – 2 Mei 2018 terhadap 1.610 responden di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan metode stratified systemic random sampling, suvei memiliki margin of error (MoE) 2,5%.

“Elektabilitas PPP juga turun dari 2,9% di September 2017 menjadi ke 2,7%. Kondisi sebaliknya dialami partai oposisi yakni PKS dan Gerindra,” kata Direktur Riset dan Data RTK Rikola Fedri. Rikola menambahkan, elektabilitas Partai Gerindra pada September 2017 hanya 7,8% dan pada April menjadi 12,4%. Sementara itu elektabilitas PKS naik tipis dari semula 1,7% ke 2,8%.

“Partai penyimbang yaitu Demokrat, naik dari 6,1% menjadi 7,1%. PAN yang mendukung Jokowi tetapi beberapa waktu terakhir ini bersebrangan mengalami kenaikan tipis dari 1,3% menjadi 1,6%,” tutup Rikola. source

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *