Perempuan Papua Penangkap Buaya yang Bikin Kaget Jokowi

Epicentrum.id – Ada peristiwa menarik saat Presiden Joko Widodo menerima perwakilan nelayan seluruh Indonesia di Istana Kepresidenan. Jokowi terkaget-kaget saat mendengar cerita nelayan perempuan asal Papua yang menangkap buaya.

Nelayan yang bercerita itu bernama Marijen. Perempuan asal Mamberamo, Papua2018, itu memberi tahu Jokowi soal tangkapan di Papua yang bukan hanya ikan.

“Kami di sini, kami mempunyai 2.000 nelayan yang hampir 80 persen nelayan perempuan, ya itu nelayan tangkap ikan dan nelayan tangkap buaya,” ujar Marijen di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).

Marijen pun kembali meyakinkan Jokowi. Tak hanya itu, dia juga mengajak Jokowi langsung ke Mamberamo untuk melihat kondisi di lapangan.

“Saya dari Mamberamo tengah yang mengundang secara resmi Bapak Presiden dan Bu Menteri Kelautan untuk melihat sendiri kira-kira kebutuhan apa yang dibutuhkan nelayan. Di sini ada 1 masalah, kami nelayan air tawar di sungai, itu sungai terbesar di Papua. Saat air pasang, semua ikan akan naik ke tempat lebih tinggi,” jelas Marijen.

Apa jawaban Jokowi? Dia bersedia, tapi ada syaratnya. “Kalau nggak ada ikannya, awas. Sama di sana nangkep buaya bisa? Saya ikut bisa? Saya mau nangkep buaya tapi dengan nelayan ibu-ibu lho ya, janjian ya,” kata Jokowi.

Ada pula aduan lain dari nelayan asal Indramayu bernama Joni. Joni mengadukan hasil tangkapannya berkurang karena ada nelayan yang menggunakan cantrang. Jokowi sepakat dengan keluhan Joni. Menurutnya, penggunaan cantrang jelas dilarang. Jokowi meminta para nelayan mulai menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

“Itu yang sering disampaikan Ibu Susi bahwa terkait cantrang itu dalam jangka panjang menghabiskan ikan. Itu kita harus menyadari semua. Tapi ada transisinya, karena nelayan kita yang pakai cantrang juga tidak sedikit. Harus ada transisi sehingga betul semuanya pindah pada jaring yang ramah lingkungan yang menyebabkan ikan semakin banyak di negara kita,” ujar Jokowi.  source

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *