Mau Cicipi Android P Versi Beta, Nih Caranya

Google telah mengumumkan Android P dalam temu pengembang tahunan, Google I/O 2018. Perusahaan digital raksasa itu punya perlakuan yang berbeda dengan Android P. Biasanya versi beta dari Android terbaru hanya bisa dicicipi oleh smartphone buatan Google

Namun dalam Android P kali ini, Google membuka luas smartphone luar Google untuk bisa mencicipi versi beta sistem operasi teranyar Android ini.

Dikutip dari The Verge, Rabu 9 Mei 2018, smartphone yang bisa mencicipi Android P versi beta ini yaitu Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Pixel dan Pixel XL, Essensial Phone, Sony XPeria XZ2, OnePlus 6, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro dan Vivo X21.

Nah bagaimana untuk bisa mencoba Android P versi beta. Jika Anda pengguna smartphone Pixel dan Nexus, maka proses mencicipinya akan lebih mudah melalui website Android beta Program. Pastikan saat masuk dalam program beta ini, menggunakan akun Google yang dipakai pada smartphone Pixel Anda.

Nah begitu Anda terdaftar dalam program, nantinya akan mendapatkan notifikasi pada perangkat Anda bahwa sistem akan diperbaharui dalam waktu segera. Anda juga harus bersabar, sebab kemungkinan banyak pengguna yang ingin menjadi gelombang pertama yang mencicipi Android P beta, maka ada potensi butuh waktu untuk mendapatkan versi beta ini.

Smartphone non Google

Nah bagi Anda pengguna smartphone non Google, proses mendapatkan Android P beta ini akan menjadi lebih bekerja ekstra. Sebab tak ada metode instalasi over the air (OTA) seperti pada smartphone Google

Pengguna smartphone non Google harus melakukan metode flashing manual sistem operasi Android P beta ini ke dalam perangkat.

Jika memang Anda pengguna non smartphone Google yang bulat memutuskan untuk terus lanjut mendapatkan Android P beta ini, ya harus siap dengan usaha kerasnya karena Anda perlu melakukan beberapa tahap yang menguji kesabaran Anda.

Perlu juga diperhatikan, vendor smartphone yang bisa mencicipi Android P beta ini tak memberikan dukungan jika pelanggan memakai versi beta ini. Jika perangkat Anda mengalami bug (celah keamanan) atau kesalahan yang buruk, ya itu menjadi risiko pengguna. Atau jika tak ingin makin buruk, pengguna disarankan untuk mengembalikan perangkatnya ke Android Oreo.

Berikut detail tahap per tahap untuk mencicipi Android P versi beta pada smartphone non Google:

Essensial Phone bisa mengklik tautan ini.

OnePlus 6 bisa mengklik tautan ini.

Sony Xperia XZ2 bisa mengklik tautan ini.

Nokia 7 bisa mengklik tautan ini.

Oppo R15 Pro bisa mengklik tautan ini.

Vivo X21UD bisa mengklik tautan ini.

Vivo X21 bisa mengklik tautan ini.

Xiaomi Mi Mix 2S bisa mengklik tautan ini.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *