Elektabilitas Hanura Terjun Bebas, Terancam Gagal Masuk Parlemen

Epicentrum.com – Partai Hanura terancam tidak bisa masuk parlemen pada Pemilu 2019 nanti. Pasalnya, dalam temuan survei LSI Denny JA, saat ini elektabilitas partai ini berada diangka 0,8 persen. Jauh dibawah ketetapan Parliemantary Threshold (PT) 4 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan menyebut tanpa adanya usaha ekstra menaikkan elektabilitasnya, partai besutan Oesman Sapta Oedank (OSO) ini akan hilang di DPR periode 2019-2024.

“Dahulu (Pemilu 2014) Hanura lolos ke DPR dengan 3,6 persen. Sekarang tinggal 0,8 persen sehingga ada penurunan yang sangat drastis. Dan terancam akan hilang di DPR 2019-2024,” urai Ardian di Gedung Rajawali Rawamangun Jakarta, Selasa (8/5).

Menurut dia, penyebabnya karena isu perpecahan antara Hanura Manhattan kubu OSO dengan Hanura Ambhara kubu Syarifudin Sudding.

Lalu terkait juga dengan asosiasi Hanura terhadap Jokowi yang belum terasosiasi baik kepada masyarakat. Faktor lainnya, sebut Ardian, karena program-program yang ditawarkan Hanura pada masyarakat belum ada. “Sampai sejauh ini (program Hanura) belum bisa sampai ke masyarakat,” tegasnya.

Survei nasional LSI Denny JA ini dilakukan pada 28 April – 5 Mei 2018 dengan metode sampling multistage random. Jumlah respondennya 1200 orang dan margin of erornya sebesar +- 2,9 persen. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *