Akashinga, Kelompok Wanita Perkasa Pelindung Gajah Afrika

(Photo : BBC) Akashinga, unit wanita pembasmi pemburu di Zimbabwe

Epicentrum.id – Satuan khusus perempuan yang bertugas sebagai ranger di hutan belantara Afrika khususnya Zimbabwe ternyata ada. Unit perempuan itu disebut Akashinga. Kelompok ini berisi para perempuan di negara Zimbabwe yang merasa terpanggil menghalau pemburu dan membasmi perburuan yang diketahui marak terjadi di benua Afrika. Diketahui bahwa di Zimbabwe terdapat populasi hewan gajah terbesar dan Akashinga bertugas untuk melindungi populasi hewan dilindungi tersebut.

Vimbai, salah satu personel unit ranger mengaku bangga bisa menjadi bagian unit yang melindungi gajah-gajah di hutan Zimbabwe. Para ranger perempuan diketahui dilatih menggunakan senjata api oleh mentor mereka agar tak kalah menghadapi para pemburu. Dilansir BBC, adanya satuan ranger dari kaum Hawa berisi wanita-wanita perkasa ini cukup efektif. Buktinya, Akashinga tak hanya berhasil mengusir para pemburu, namun juga sempat menangkap beberapa di antaranya dan menyerahkan mereka ke aparat hukum.

“Jika kalian di sini mau macam-macam dengan hewan, akan kami tangkap,” kata Vimbai. Akashinga diketahui berpatroli secara bergantian di rimba Zimbabwe. Bahkan mereka melakukan patroli pada saat malam. Para anggota satuan kebanyakan adalah perempuan yang pernah menjadi korban kekerasan dan para ibu tunggal yang secara mandiri membesarkan anaknya. [frans]

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *