Awas Investasi Properti Malah Rugi! Ini 5 Tips Menghindarinya

rumah unik

Epicentrum.id – Investasi properti hingga kini masih menjadi pilihan menarik bagi masyarakat Indonesia. Namun, karena tujuan investasi adalah agar pundi-pundi kian melambung, perlu riset terlebih dahulu agar properti yang kita beli malah tidak jeblok nilainya.

Riset sederhana diperlukan guna memahami faktor utama dalam pembelian  dan memastikan harga perolehan properti sesuai dengan harga pasaran. Diperlukan kesabaran ekstra. Meskipun Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam melihat daftar properti, pada akhirnya Anda tetap membutuhkan panduan.

Berikut ini adalah 5 tip dari The Stature Jakarta dalam menentukan investasi properti yang benar:

1/ Lokasi
Faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan nilai properti adalah lokasi. Lokasi properti harus dapat memberikan kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan.

2/ Reputasi Pengembang
Pengembang ternama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen dengan menyerahkan properti tepat waktu, dan sesuai dengan kualitas yang dijanjikan.

Jangan segan untuk banyak browsing berita untuk melihat rekam jejak pengembang.

3/ Rangkaian Fasilitas
Properti yang baik harus dapat menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung gaya hidup dan kesejahteraan para penghuninya. Faktor lain yang yang perlu Anda dan keluarga pertimbangkan adalah kehadiran privasi, ketenangan dan keamanan.

Beberapa fasilitas termasuk dual private lift, ruang hijau yang luas, area komersial yang terintegrasi, tempat bermain anak dan fasilitas olahraga lainnya, menjadikan pengalaman hidup lebih bermakna.

4/ Tentukan waktu terbaik untuk berinvestasi
Berinvestasi properti adalah mengenai peningkatan nilai aset. Di Indonesia, nilai properti cenderung terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Inilah alasan mengapa membeli properti di waktu yang tepat sangat penting. Melakukan analisis dan prediksi demand dan supply pasar akan membantu Anda mendapatkan  properti yang terbaik untuk diinvestasikan.

5/ Mengamati Secara Jangka Panjang dan Kelola Resiko
Real estate adalah investasi yang memerlukan modal besar, memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan berulang (recurring income) serta peningkatan nilai aset (capital gains). Namun, real estat bergerak dalam siklus.

Carilah peluang untuk membeli pada saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Amati perkembangan real estat secara jangka panjang, mengingat ketersediaan lahan di kota-kota besar, seperti Jakarta, semakin terbatas. (Sumber)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *