Hal Ini yang Dicari Turis Muslim di Indonesia

Epicentrum.id – Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia. Jika turis Muslim ingin liburan di Indonesia, mereka bisa menikmati apa ya? Sebagai salah satu negara Muslim terbesar dengan alam yang penuh pesona, Indonesia menjadi pilihan liburan untuk traveler dunia. Turis Muslim suka kemana ya di Indonesia?

ilustrasi turis muslim (REUTERS)

“Sebagai negara Muslim yang besar, Indonesia ramah kepada turis manapun. Namun untuk wisata Muslim, Bali dan Lombok masih menjadi tujuan utama,” ungkap Ananto Pratikno, Ketua DPW ATHIN Jakarta dalam jumpa media di Gedung Twink Jakarta, Jumat (4/5/2018). Adapun negara Muslim yang suka datang ke Indonesia tidak seluruhnya ingin wisata halal.

Mereka juga memilih datang ke 10 Bali baru dan terbagi dalam beberapa kelompok wisatawan. “Adapun Muslim luar negeri yang datang ke Indonesia tidak sepenuhnya ingin wisata halal. Mereka lebih memilih wisata belanja, wisata alam dan pantai,” kata Ananto. Ananto mengungkapkan bahwa negara tetangga Malaysia dan Singapura datang ke Indonesia, mereka cenderung wisata belanja ke Bandung.

“Malaysia dan Singapura cendrung memilih ke Bandung untuk wisata belanja, karena murah kan. Jadi jangan heran jika penerbangan Bandung-Malaysia itu sangat ramai,” jelas Ananto. Negara lain yang juga ramai dantang ke Indonesia adalah wisatawan Muslim dari Middle East. Mereka lebih memilih destinasi yang tidak ada di negara mereka, yaitu destinasi sejuk dan hijau.

“Wisatawan Muslim dari Middle East lebih suka ke destinasi yang hijau-hijau dan sejuk. Seperti Lembang, puncak, dan destinasi pegunungan. Mereka mencari alam hijau yang seperti tertera di Al-quran,” tambah Ananto. Bali tetap menjadi primadona Indonesia. Terbukti dari ramainya kunjungan ke Bali setiap tahunnya, begitu juga dengan wisatawan Muslim.

“Negara China, Jepang, Thailand, Taiwan, Korea mereka suka dengan wisata alam di Indonesia, dan destinasi pilihannya adalah Bali. Turis paling banyak berkunjung ke Bali itu adalah dari China,” jelasnya. “Bagaimana dengan turis Muslim? Sama saja, mereka tetap memilih berkunjung ke Bali dan Lombok untuk liburan. Di situlah nanti kami akan mengarahkan turis Muslim ke tempat-tempat yang aman untuk Muslim,” tutup Ananto. [frans]

 

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *