Muhammadiyah Mulai Puasa 17 Mei 2018

Epicentrum.id – Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1439 H atau awal Ramadhan 2018, jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan melakukan Sidang Isbat, Selasa (15/5/2018).

“Sidang Isbat akan dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan juga Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin,” kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Muhammadiyah Amin di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Menurut Amin, sidang itu akan mengundang pimpinan Ormas Islam, termasuk juga para duta besar dari negara – negara sahabat. Sidang juga akan dihadiri perwakilan dari Mahkamah Agung, BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha ITB, Planetarium, dan pakar Falak.

Sementara itu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1439 Hijriah / 2018 Masehi jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. Keputusan tersebut berdasarkan hasil hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

JANGAN BERPOLEMIK

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi mengimbau penetapan (isbat) awal dan akhir Ramadhan, atau hari besar lainnya tidak perlu dipersoalkan dan jangan dijadikan polemik. Sudah saatnya umat Islam menyikapi perbedaan tersebut sebagai proses pendewasaan diri menerima ragam pendapat.

Sedangkan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, tahun ini penetapan 1 Ramadan, 1 Syawal, dan 1 Dzulhijjah bakal serentak. ’’Di Indonesia sampai 2021, awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah akan serentak,’’ kata dia.

Hasil analisis Thomas menyebutkan, penetapan tanggal-tanggal penting pada kalender Islam itu serentak karena terbantu posisi bulan. Perbedaan baru muncul pada 2022. Pada saat itu, ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan antara kelompok hisab dengan yang berbasis rukyat.
Berikutnya pada 2023 ada potensi perbedaan penetapan 1 Syawal atau Lebaran. Lalu pada 2024 nanti yang mengalami perbedaan adalah penetapan Idul Adha. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *