Kemensos RI Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Sumur Minyak Aceh Timur

kemensos

Kemensos RI Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran sumur minyak tradisional Aceh Timur (Foto:aceHTrend/Irwan)

Epicentrum – Menteri Sosial RI Idrus Marham diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dr. Ir. H. R. Harry Hikmat, M.Si dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Nurul Farijati, SH., MM menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran sumur minyak tradisional di Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (4/5/2018).

Bantuan senilai Rp 757.050.000 tersebut diserahkan secara simbolis yang diterima oleh keluarga dan ahli waris korban kebakaran di halaman Masjid Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak.

Menurut Harry, penyaluran bantuan sosial ini merupakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo yang semestinya diserahkan langsung oleh Menteri Idrus Marham. Namun, Menteri Idrus menyampaikan permohonan karena tidak bisa hadir untuk menyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana kebakaran.

“Sebenarnya Pak Menteri sudah sangat semangat untuk ke mari tapi karena ada panggilan dari Pak Presiden makanya saya diutus mewakili beliau,” katanya.

Penyerahan bantuan untuk keluarga dan ahli waris korban kebakaran sumur minyak tradisional Aceh Timur (Foto:aceHTrend)

Harry menjelaskan, kehadiran dirinya di tengah-tengah masyarakat korban bencana adalah bentuk kepedulian pemerintah dan amanat dari Presiden Joko Widodo yang berharap agar bantuan ini dapat meringankan beban penderitaan baik kepada korban maupun keluarga korban bencana sosial.

Menurutnya, kejadian bencana yang terjadi di Kecamatan Ranto Peureulak merupakan musibah yang harus dapat diterima sebagai cobaan yang di berikan Allah SWT.

Secara khusus dia mengucapkan turut berduka atas kejadian bencana yang mengakibatkan adanya korban jiwa meninggal dunia sebanyak 22 orang dan korban luka-luka 36 orang.

“Kepada keluarga korban meninggal dunia agar diberikan kekuatan dan keiklasan, kepada korban luka luka agar cepat diberikan kesembuhan,” harapnya.

Harry menjelaskan, Kementerian Sosial dalam penanganan korban bencana sosial menyampaikan bantuan berupa bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, bantuan santunan kematian, bantuan korban luka-luka dan layanan dukungan psikososial. Adapun bentuk bantuan yang diberikan merupakan komitmen negara hadir dalam setiap kondisi bencana yang terjadi di wilayah NKRI.

Dia juga berharap agar bantuan sosial ini dapat digunakan untuk membantu meringankan beban penderitaan korban dan keluarga korban dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penanganan korban bencana.

“Turut berduka cita semoga atas musibah ini, semoga almarhum khusnul khatimah dan yang luka segera diberikan kesembuhan,” katanya.

Hadir dalam penyerahan itu Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek, Bupati Aceh Timur, Hasbalah HM Thaib dan ratusan masyarakat Gampong Pasir Putih dan sekitarnya.[Acehtrend]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *