Kebun Raya  Favorit Tempat Wisata di Bogor

Kebun Raya  Favorit Tempat Wisata di Bogor  – Kebun Raya Bogor adalah Tempat Wisata di Bogor yang paling terkenal. Berlokasi tepat di tengah kota Bogor dan posisinya pas di belakang Istana Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki sejarah yang amat panjang. Dibangun pada awal abad 19, kebun ini tadinya adalah bagian dari Istana Bogor yang didiami oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Karena minatnya yang begitu besar pada dunia tumbuhan, Raffles kemudian berinisiatif untuk membangun sebuah kebun botani (botanical garden) tepat dibelakang istana Bogor.

Dalam perkembangannya, pada tahun 1880-an kebun ini dijadikan sebagai pusat koleksi tumbuhan di Jawa dan juga menjadi sarana pendidikan guru. Hampir seluruh jenis tumbuhan yang ada di pulau Jawa dikumpulkan spesiesnya disini. Hingga kini jumlah koleksi spesies tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor terus bertambah.

Saat ini, Kebun Raya Bogor menjadi salah satu favorit Tempat Wisata di Bogor. Disambut oleh pintu gerbang yang bernuansa asitektur Eropa, tempat ini memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Setelah melangkah beberapa meter dari gerbang kita akan menemukan sebuah tugu peringatan. Itulah Tugu Lady Raffles, sebuah tugu yang dibangun sebagai penghormatan bagi istri dari pendiri Kebun Raya Bogor, Sir Thomas Stamford Raffles.

Sekitar 20 meter didekat tugu, terhampar kolam besar yang jernih dengan sebuah pohon beringin besar ditepiannya. Dari kejauhan tampak sebuah bangunan putih besar, yang tidak lain adalah Istana Bogor. Jika anda melanjutkan perjalanan menuruni anak tangga yang terbuat dari batu batu alam, anda akan mendapati beberapa taman yang ditata begitu apik, yaitu Taman Teijsmann dan Taman Garuda.

Berjalan kaki didalam Kebun Raya Bogor sungguh nikmat. Hampir setiap tanaman memiliki label/tag yang berisi nama asli, nama popular dan sejarahnya. Kita bisa sambil belajar disini ! Berada diantara pohon-pohon tinggi yang usianya ratusan tahun, udara terasa begitu sejuk. Tampak tak sedikit kawanan kelelawar yang sedang terlelap bergelantungan diatas ranting pohon. Apabila anda kuat untuk berjalan lebih jauh, maka akan anda dapatkan Jembatan Gantung. Jembatan diatas sungai Ciliwung ini, disebut jembatan gantung karena tidak memiliki tiang penopang, melainkan hanya kawat sling pada tiap-tiap ujungnya. Sehingga pada saat melewatinya, jembatan akan terasa bergerak-gerak mengikuti pijakan langkah kaki kita. Agak menakutkan bagi yang tidak terbiasa.

Jika anda ingin merasakan kesejukan Kebun Raya Bogor, tidak perlu risau apabila anda ingin menginap. Saat ini di kota Bogor banyak tersedia penginapan, mulai dari wisma yang murah hingga hotel berbintang dapat dengan gampang anda temukan. Begitu pun halnya dengan transportasi dan sarana penunjang lainnya, banyak sekali pilihan yang bisa anda jangkau dengan mudah di kota hujan ini.

Menikmati sejuknya Tempat Wisata di Bogor ini, bisa menjadi pilihan alternatif anda untuk berlibur bersama keluarga di akhir pecan di kota Bogor.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *