Ini Fakta Mengejutkan Pulau Telo yang Diapit Sungai Kapuas

Keterangan gambar: Beberapa orang petugas PPL Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas sedang melihat perkebunan terong dan cabe, di Pulau Telo Kapuas. (Facebook via TRIBUNKALTENG.com/jumadi)

Epicentrum.id – Tak banyak yang tahu kalau Pulau Telo yang masuk Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, dimanfaakan oleh warga untuk berkebun dan bertani. Sebab selama ini masyarakat menganggap bahwa Pulau Telo merupakan pulau yang angker, hutan dan tak berpenghuni dan tak ada kehidupan.

Rahmat, petugas PPL Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas bersama 5 orang lainnya mencoba menelusuri dan masuk ke Pulau Telo dengan menggunakan kelotok, Sabtu (27/4/2018). Rahmat yang ditemui pada hari berikutnya, yaitu Minggu (29/4/2018) mengatakan, Pulau Telo yang berada di tengah Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas ternyata sungguh luar biasa.

Karena pulau itu tak ada yang memiliki dan hanya milik pemerintah, masyarakat memanfaatkan pulau itu dengan menanam sayur-sayuran, buah-buahan serta padi. Beberapa orang petugas PPL Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas sedang melihat perkebunan terong dan cabe, di Pulau Telo Kapuas.

Beberapa orang petugas PPL Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas sedang melihat perkebunan terong dan cabe, di Pulau Telo Kapuas. (Facebook via TRIBUNKALTENG.com/jumadi)

Ditambahkan Rahmat, pada saat rombongan berjalan hingga ratusan meter, di sana ditemukan padi yang tumbuh menghijau. Warga yang memanfaatkan pulau dengan menanam berbagai tumbuhan, termasuk padi adalah masyarakat Basungkai, Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Lumayan hasilnya bisa dijual ke Pasar Kapuas. [frans]

 

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *