Data Pribadi di Instagram Bisa Diunduh

Instagram kini memungkinkan penggunanya mengunduh data apa pun yang telah dibagi pada platform tersebut. Pengguna kini bisa menyimpan data foto, video maupun pesan mereka di Instagram.

“Kami membangun tool untuk portabilitas data baru. Anda secepatnya akan bisa mengunduh, menyimpan dari apa yang dibagi di Instagram,” jelas juru bicara Instagram, dilansir Tech Crunch, Jumat 13 April 2018.

Tool ini dipandang bisa membuat pengguna meninggalkan Instagram dan beralih ke jaringan sosial gambar lainnya.

Jika tool ini diluncurkan sebelum 25 Mei mendatang akan sangat membantu Instagram untuk mematuhi peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) di Eropa yang membutuhkan data portabilitas. GDPR merupakan peraturan mengenai data privasi yang diterapkan bagi seluruh perusahaan di dunia yang menyimpan, mengolah atau memproses personal data penduduk Uni Eropa.

“Kami akan memberitahu detail itu secepatnya saat kami meluncurkannya. Namun tool ini dapat mengunduh dan mengekspor apa yang sudah dibagi sebelumnya di Instagram,” kata juru bicara Instagram.

Jika tool ini membuat unduhan tanpa dikompres, maka akan seperti aplikasi InstaPort yang sudah ada sebelumnya. Akan lebih aman, karena aplikasi seperti Instaport merupakan pihak ketiga yang bisa saja menggunakan data dari konten pengguna secara salah.

Sampai saat ini, Instagram menyulitkan penggunanya untuk mengekspor data. Pengguna tak bisa drag, atau tap dan menahan gambar untuk menyimpannya. Selain itu, pengguna tak bisa mengunduh gambar yang sudah diposting sebelumnya.

 

Sumber : viva.co.id

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *