Kamu Kapan ke Sombori, Raja Ampat Mini Sulawesi

Epicentrum.id – Tahukah traveler jika ada destinasi wisata berjuluk Raja Ampat mini. Inilah Kepulauan Sombori yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Kepulauan ini terdiri dari pulau-pulau, seperti Pulau Mbokita, Koko, Kayangan, Sombori, dan Dua Laut. Untuk mencapai Sombori, dari Kendari kita menuju pelabuhan dan kemudian melanjutkan dengan naik speed boat ke Sombori.

Untuk menuju Sombori, biasanya kita akan singgah di Labengki terlebih dahulu. Di Sombori, kita bisa menginap di Desa Mbokkita, tempat bermukimnya Suku Bajo. Tidak ada penginapan disana, jadi jika kita pergi kesana dengan grup biasanya menginap di balai desa dengan menggelar kasur.

Pulau Koko merupakan pulau kecil berpasir putih. Karena kami kebetulan berkunjung kesana di sore hari, kita bisa merasakan dari air masih pasang hingga surut. Seru sekali berfoto di sini.

Di Kepulauan Sombori kita bisa singgah ke Gua Allo. Bagian depan gua ini memang dipenuhi air dangkal dan ada pasir di sisinya layaknya pantai. Di bagian dalam terdapat ceruk yang jika kita berani, bisa turun dan masuk ke dalam cerukan yang seperti palung.

Namanya juga gua, jadi gelap pastinya. Jika masuk kesini, sebaiknya memakai pelampung ya. Selain itu, kita bisa berkunjung ke rumah nenek yang punya spot keren untuk berfoto. Di rumah nenek ini kita bisa mampir dan ngobrol-ngobrol dengan sang nenek.

Yang menjadi spot utama adalah Bukit Sombori. Untuk naik ke bukit ini memang perlu perjuangan. Karena belum ada jalur khusus, kita harus menaiki bukit diantara bebatuan karst yang sangat tajam. Oleh karena itu memakai sarung tangan sangat dianjurkan.

Tapi sesampainya di atas, semua usaha terbayarkan. Hamparan bukit-bukit hijau dan air laut yang juga berwarna kehijauan tampak di depan mata. Cantik sekali. Rasanya tidak mau beranjak dari sini. Di atas sini perlu berhati-hati juga ya, karena di kanan kiri kita tidak ada pagar pengaman.

Jangan sampai keasyikan selfie membuat kita lengah. Kamu kapan ke Sombori?

DETIK

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *