Ini Manfaat Ngemil Dark Chocolate Bagi Kesehatan

epicentrum.id – Umumnya sejumlah orang beranggapan bahwa cokelat bisa membuat berat badan meningkat. Akan tetapi, ada sejumlah jenis cokelat yang memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, salah satunya ialah dark chocolate.

Para ahli menjelaskan ada sejumlah nutrisi penting pada dark chocolate yang bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Jumat (6/4/2018), tak hanya itu, kandungan nutrisi dark chocolate juga memberikan manfaat sehat berikut ini:

Meningkatkan mood

Kandungan endorphin atau hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood seseorang dapat ditemui dalam dark cokelat. Jika seseorang sedang dalam kondisi tertekan atau stress memikirkan pekerjaan yang menumpuk, dark chocolate bisa menjadi salah satu camilan yang wajib Anda konsumsi.

Mencegah kanker

Sama seperti wine, mengonsumsi dark chocolate secara rutin juga sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker. Menurut para ahli, cokelat ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi seperti flavanoid dan polyphenol. Molekul inilah yang berfungsi menjaga tubuh dari virus penyakit termasuk kanker.

Mencegah diabetes

Ketika meneliti hubungan cokelat dengan tekanan darah manusia, para ahli menemukan bahwa para responden yang mengonsumsi dark chocolate secara, tekanan darah mereka cenderung menurun. Penurunan tekanan darah ini juga berkolerasi dengan penyeimbangan kadar gula di dalam tubuh, dengan kata lain mereka yang mengonsumsi dark chocolate secara rutin bisa terhindari dari diabetes.

Sumber energi

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang ternyata mengandung kadar kafein yang cukup tinggi. Makanan ini mungkin bukan menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi menjelang tidur. Namun, jika Anda menyantap dark chocolate di sore hari, makanan tersebut justru dapat memberikan energi tambahan yang berlimpah.

Meningkatkan penglihatan

Berdasarkan laporan beberapa studi antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate sangat ampuh untuk meningkatkan penglihatan. Mereka menemukan bahwa para responden yang mengonsumsi dark chocolate selama masa penelitian, memiliki tingkat penglihatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

 

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *