PAN Pertimbangkan Dukung Jokowi, Gimana dengan Amien Rais

Partai Amanat Nasional (PAN) diisukan bakal bergabung ke barisan pendukung Joko Widodo jelang Pemilu 2019. Namun, sikap politik ini dikabarkan terhambat karena sikap kritis Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais kepada pemerintahan Jokowi.

Wakil Ketua Majelis Kehormatan PAN Drajad Wibowo menepis pandangan bahwa sikap kritis Amien menjadi penghalang partai untuk bersikap, termasuk bila merapat ke Jokowi. Figur Amien dinilai cermin PAN yang lahir dari era Reformasi.

“Sama sekali tidak. PAN tanpa sikap kritis Pak Amien dan kader-kadernya itu bukan PAN, tidak pantas lagi menjadi partai lokomotif Reformasi,” kata Drajad kepada VIVA, Rabu 4 April 2018.

Drajad menegaskan PAN masih mempertimbangkan semua opsi di Pilpres 2019. Pertimbangan ini termasuk merapat bergabung mendukung Jokowi di Pilpres 2019. “Posisi PAN masih ‘mempertimbangkan’. Jadi semua opsi masih dipertimbangkan,” ujarnya.

Dia kembali menegaskan sikap Amien bukan penghambat. Menurutnya, sikap kritis Amien sudah dilakukan sejak era Orde Baru. Sikap kritis ini konsisten dilakukan hingga sekarang meskipun PAN berada di barisan pemerintahan.

“Kalau pandangan Pak Amien kan sudah jelas. Soal Pak Amien bersikap kritis, itu sudah beliau lakukan sejak zaman Pak Harto, dan konsisten hingga sekarang. Beliau tidak segan-segan mengkritik, siapa pun presidennya,” lanjut Drajad.

Menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019, PAN merupakan salah satu partai yang belum menyatakan dukungan. Selain PAN, ada PKB dan Demokrat yang belum menentukan sikap.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya akan melakukan safari politik untuk menemui elite parpol. Safari politik ini akan dilaksanakan secara informal dan formal dalam waktu dekat. Ada kabar, safari politik dilakukan dengan barisan pendukung Joko Widodo.

Sumber: VIVA

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *