Akhirnya Kontrak Gross Split Blok Migas Tahun Lalu, Besok Ditandatangani

Epicentrum.id – Negara berhasil memperoleh Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) dari lima blok itu sebesar US$ 26,825 juta atau sekitar Rp 359 miliar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya menetapkan jadwal penandatanganan kontrak gross split pemenang lelang blok minyak dan gas bumi (migas) 2017. Penandatanganan ini sempat tertunda dari target yang sebelumnya yakni awal Maret.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan penandatanganan kontrak akan dilakukan besok. “Diteken 5 April 2018,” kata dia dalam rapat dengar pendapat Ditjen Migas dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu (4/4).

Pemenang lelang itu adalah Mubadala Petroleum (SE Asia) Ltd di Blok Andaman I, konsorsium Premier Oil Far East Ltd, KrissEnergy (Andaman II) BV Mubadala Petroleum (Andaman II JSA) Ltd di Andaman II, PT Tansri Madjid Energi yang memenangkan lelang blok Merak-Lampung. Kemudian ada Saka Energi yang mendapatkan Blok Pekawai dan West Yamdena.

Awalnya, Kementerian ESDM menargetkan penandatanganan kontrak lima blok migas hasil lelang tahun 2017 dilakukan pada 7 Maret 2018. Dengan begitu blok tersebut bisa segera dikembangkan. Namun hal itu belum bisa dilakukan lantaran ada beberapa hal yang masih diselesaikan. Salah satunya penyusunan klausul-klausul yang ada di dalam kontrak.

Secara tota,l komitmen pasti lima perusahaan tersebut mencapai US$ 23,575 juta. Kemudian ada  bonus tanda tangan US$ 3,250 juta. Alhasil  negara berhasil memperoleh Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) dari lima blok itu sebesar US$ 26,825 juta atau sekitar Rp 359 miliar.

Lima blok tersebut merupakan hasil lelang tahun lalu. Tahun lalu Kementerian ESDM melelang 15 blok migas yang terdiri dari 10 blok migas konvensional dan lima blok migas nonkonvensional.

Lelang tahun lalu merupakan pertama kali yang pemenangnya menggunakan kontrak gross split.  Saat ini hanya PT Pertamina Hulu Energi yang menggunakan skema gross split di Blok Offshore North West Java. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *